1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2,33 out of 5)
Loading...Loading...

PELAKSANAAN 5K DI SEKOLAH

Filed in Berita SMANDA , Tutorial 2 comments

Pencanangan program 5 K yang mencakup Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Keamanan dan Kekeluargaan di lingkungan SMA  sudah lama dilaksanakan. Setiap tahun program ini selalu tercantum dalam kalender pendidikan

Pedoman pelaksanaan 5K di sekolah secara garis besar telah diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan SMA.

Yang termasuk ruang lingkup kebersihan ialah kebersihan ruang, kebersihan sarana dan personal, misalnya : ruang belajar, ruang kantor, ruang perpustakaan , lantai, teras sekolah, dinding , taman, loteng dan sebagainya.

Yang termasuk keindahan ialah tata ruang, tata halaman , misalnya : menata ruangan, memasang hiasan dinding, bunga di atas meja , bunga hidup di pot teras sekolah, bunga di taman , kelas, taplak, meja , kerapian map absen siswa.

Lingkup Ketertiban ialah mematuhi aturan dan tata tertib, penyediaan spidol / kapur tulis , penghapus papan, kebersihan papan tulis  dan sebagainya.

Bidang keamanan adalah menjaga keamanan kelas terutama bila guru berhalangan hadir, terjadi keributan di dalam kelas dan sebagainya .

Yang termasuk Kekeluargaan adalah menengok teman sakit, menjenguk teman yang kena musibah, menengok guru yang sakit dan sebagainya.

Bagaimana pelaksanaan Program 5K di SMANDATAS ???

Alhamdulillah,  berjalan baik walaupun belum sepenuhnya dilaksanakan secara maksimal.

Biasanya yang menjadi  faktor penghambat dalam melaksanakan kegiatan 5 K ialah sikap mental Budaya Bersih belum merasuk ke dalam hati. Puntung rokok guru belum secara tertib membuang kedalam asbak. Sobekan kertas siswa masih suka berserakan di luar keranjang sampah. Kantor guru masih suka dikotori oleh bekas makanan dan piring makanan bekas, kadang-kadang menumpuk di meja yang bukan tempatnya.

Pembudayaan 5K memang harus kita mulai dari sekolah. Sekolah yang bersih yang kita idam-idamkan akan tercipta suatu masa, berkat ketekunan seluruh personal yang berada di sekolah. Pembentukan sikap mental yang berbudaya 5K akan memerlukan waktu yang cukup lama, sebab tidak setiap waktu kita dapat berkonsentrasi terhadap 5 K. lebih-lebih saat banyak nya kegiatan ekstra kurikuler, ujian nasional , psb dan sebagainya.

SMA Negeri 2 Tasikmalaya yang terletak di daerah RAJA (Rarang Jami) Indihiang Kota Tasikmalaya sedang berusaha secara maksimal meningkatkan dan melaksanakan  5K . Namun prestasi yang lumayan atas prestasi itu tetap merupakan dambaan yang mengisi nurani insan keluarga besar Smandatas. Pohon-pohon rindang dan taman di depan kelas akan menjadi ciri khasnya di masa depan. Usaha ini harus terus berlanjut dan tidak boleh berhenti. Kebersihan yang di cita-citakan meminta tangan-tangan kita yang harus berbuat.

IMG_2037IMG_2052

Posted by   @   24 Desember 2009 2 comments
Tags :

2 Comments

Komentar
Sep 16, 2011
18:54
1 fauzi :

Oke dech gambarnya bagus dan isinya cukup jelas

Apr 10, 2013
18:12
2 syuaib :

`aduh pusing mau ngerjain tugas yg dikasih kepsek

Tulis Komentar

Name

Email

Website

*

Previous Post
«
Next Post
»
CrossBlock designed by DeltaManual.Com | In conjunction with Web Hosting | Web Hosting | Reverse phone